Teknik SEO: 6 Strategi Paling Jitu untuk Optimasi Website

Teknikal SEO

VINANSIA.COM — Kamu lagi penasaran bagaimana cara memperkuat SEO website atau blog dari sisi teknikal? Baca artikel ini dengan seksama. Karena kali ini saya akan jelaskan bagaimana mengoptimasi SEO website atau blog secara teknikal.

Website atau blog, seperti sebuah bangunan rumah, harus mendapat perawatan yang intensif. Begitu pun dengan website, harus dirawat dengan sepenuh hati. Perawatan pada website inilah yang kemudian, dapat diistilahkan dengan optimasi.

Namun, tak jarang sebagian dari kita masih berfokus pada pemuatan konten yang berulang-ulang. Ini penting, tapi ada hal yang jauh lebih penting untuk dioptimasi dan dimaksimalkan.

Untuk itu, di bawah ini saya jelaskan bagaimana cara mengoptimasi teknikal SEO website atau blog. Simak baik-baik.

Strategi 1: Buat Deskripsi Meta Data yang Tepat

Pertama adalah dengan memperkuat meta data. Bicara meta data, maka bicara tentang tag judul dan meta deskripsi.

Ingat, meta data adalah kesan pertama yang kamu buat untuk mesin pencari.

Karena itu, kamu harus buat tag judul dan deskripsi meta yang sangat menarik yang langsung dikaitkan dengan keyword yang kamu tuju secara natural tentunya. Meta data ini akan membuat situs web kamu berbeda dari situs lain.

Strategi 2: Membangun Tautan atau Link

Buatlah link atau tautan yang memiliki kualitas tinggi. Jangan buat tautan dari website yang bermasalah dan susah diindeks.

Pembuatan tautan seperti wingman yang sempurna, memperkuat otoritas dan kredibilitas situs web kamu. Kamu harus bisa membangun backlink berkualitas tinggi yang menyapu bersih mesin pencari.

Selain itu, kamu harus perencanaan matang untuk membuat website atau blog menjadi sumber terpercaya. Maka jadilah expert atau ahli pada artikel yang kamu buat.

Strategi 3: Kecepatan Situs

Aspek ketiga ini juga penting. Kamu harus ingat baik baik-baik bahwa di dunia yang serba cepat saat ini, tidak ada yang suka menunggu.

Optimalkan kecepatan pemuatan situs web kamu untuk memenangkan hati mesin telusur dan pengunjung. Situs web yang cepat akan membuat mereka jatuh cinta pada konten kamu!

Strategi 4: Ramah Seluler

Kamu juga harus membuat situs web yang ramah saat digunakan di smartphone. Cinta tidak mengenal batas, begitu pula situs web Anda.

Maka pastikan situs web kamu ramah seluler, untuk menciptakan pengalaman pengguna yang mulus di semua perangkat. Kompatibilitas yang bagus dan mumpuni akan membuat mesin pencari memihak kamu.

Strategi 5: Rancang Data Terstruktur

Data terstruktur itu seperti surat cinta untuk mesin telusur. Data terstruktur memberi mereka informasi berharga tentang konten Anda.

Terapkan schema markup (markup skema) untuk membantu mesin telusur memahami situs web Anda dengan lebih baik dan menayangkannya ke audiens yang tepat.

Strategi 6: Rancang Crawlability

Strategi terakhir juga sangat penting. Kamu harus tahu, mesin telusur Google akan merayapi halaman demi halaman situs web kamu.

Karena itu, pastikan mesin telusur dapat merayapi dan mengindeks situs web kamu dengan mudah. Jangan buat pengaturan halaman website yang ribet. Sederhanakan dan buat simpel.

Optimalkan file robots.txt dan peta situs XML Anda untuk memastikan eksplorasi yang lancar dan menyenangkan.

Kesimpulan

Demikian cara optimasi yang akan membuat situs web kamu bersahabat baik dengan mesin pencarian google.

Pegang baik-baik strategi SEO Teknis ini. Setelah itu lihatlah situs web kamu akan menjadi magnet yang tak terkalahkan hingga menghasilkan traffic organik. []

Comments