Binance AS Tak Jadi Dibekukan, Aset Kripto Pelanggan akan Dilindungi

binance.us
Logo Binance.US

VINANSIA.COM — Kabar baik datang dari dunia kripto setelah hakim federal Amerika Serikat menolak permintaan SEC untuk membekukan dana pertukaran dan aset lainnya di platform perdagangan kripto Binance.US (Binance Amerika Serikat).

Keputusan tersebut diumumkan sehari setelah Binance AS mengajukan permintaan serupa kepada pengadilan untuk menolak proposal SEC.

Pada Selasa, 13 Juni 2023, Hakim Distrik AS Amy Berman Jackson mengatakan bahwa keduanya yakni Binance AS dan Komisi Sekuritas dan Bursa di Amerika Serikat (SEC) telah sepakat untuk bekerja pada kesepakatan menghindari pembekuan total aset.

BACA JUGA:

Jackson mengatakan bahwa kedua belah pihak tidak terlalu jauh dalam hal cara melindungi miliaran dolar dana pelanggan tanpa perlu menutup exchange Binance AS saat tuntutan hukum berlanjut.

Hakim Menilai Tak Perlu Bekukan Binance AS

Itu artinya, hakim Jackson menilai bahwa untuk melindungi aset miliaran dolar dari dana pelanggan tidak perlu sampai menutup atau membekukan Binance AS.

Bahkan hakim mengatakan persoalan tersebut sebaiknya diurus langsung oleh kedua belah pihak. “Seluk-beluknya lebih baik ditangani oleh Anda daripada oleh saya,” kata Jackson, seperti dilansir CoinGape.com.

Hakim menambahkan, jika kedua pihak mencapai kesepakatan bersama, dia tidak lagi harus memutuskan permintaan SEC untuk perintah penahanan sementara.

Segera setelah mengajukan gugatan di Binance AS karena dituduh melanggar undang-undang sekuritas federal, SEC meminta perintah untuk membekukan dana di Binance AS.

Regulator sekuritas federal berpendapat bahwa perintah pembekuan akan mencegah pengeluaran dana secara besar-besaran atau pemborosan dana pengeluaran.

Binance AS Menentang Desakan Pembekuan dari SEC

Binance AS jelas sangat menentang seruan SEC. Binance AS menyatakan bahwa memblokir aliran dana akan melumpuhkan bisnisnya dan pada akhirnya merugikan pelanggannya. “Kami tidak bersedia menerima hukuman mati delapan hari dalam kasus kami,” kata pengacara Binance AS kepada hakim.

Binance lebih lanjut berargumen bahwa pertukaran perlu memiliki dana yang cukup untuk menutupi pengeluaran bisnis biasa seperti pembayaran gaji, sewa, vendor, dan lisensi perangkat lunak.

“Area yang membuat kami khawatir adalah pembekuan aset yang akan disalahartikan oleh bank,” kata Pengacara Binance AS.

Binance menyarankan rencana yang melibatkan pemindahan mata uang kripto pelanggan AS ke dompet baru dengan kunci pribadi baru. Dompet ini hanya akan dikendalikan oleh petugas yang berbasis di AS di Binance AS.

Binance akan Terus Bayar Karyawan dan Menutup Pengeluaran

Sebagai bagian dari rencananya, Binance meminta izin untuk terus membayar karyawannya dan menutupi pengeluarannya. Namun, dipastikan bahwa tidak ada aset yang akan ditransfer atau pembayaran yang dilakukan untuk menguntungkan entitas Binance mana pun tanpa persetujuan hakim.

Sebagai tanggapan, SEC mengusulkan agar Binance mengembalikan aset pelanggan ke AS. Dengan cara ini, aset akan berada di bawah kendali entitas yang tidak dikendalikan oleh Zhao dan dapat menangani penarikan pelanggan.

Selama persidangan, seorang pengacara SEC menyebutkan bahwa regulator terbuka untuk pengecualian khusus yang memungkinkan Binance AS untuk melanjutkan operasinya selama pembekuan berlaku.

SEC juga meminta agar Binance AS memberikan perincian pengeluaran dan biayanya untuk lebih memahami persyaratan keuangan dalam rangka memelihara platform. Di samping itu, Hakim telah meminta Binance AS untuk mengajukan biaya bisnis pada hari Rabu. []

Comments