Mantap! Pemerintah Anggarkan Belanja Rp 3.061 Triliun

Total belanja negara tahun ini tetap difokuskan pada bidang pendidikan, infrastruktur, bantuan sosial, subsidi energi, dan kesehatan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, total belanja negara tahun ini disiapkan sebanyak Rp 3.061,2 triliun.

Sebanyak Rp 104,2 triliun di antaranya dialokasikan guna menjaga ketahanan pangan. Kemudian belanja bantuan sosial (bansos) sebesar Rp 476 triliun.

Berikutnya, APBN dialokasikan bagi urusan ketahanan dan subsidi energi sebesar Rp 341 triliun. Kemudian, anggaran infrastruktur sebanyak Rp 392 triliun.

Selanjutnya, belanja keperluan kesehatan sebesar Rp 178 triliun. “Belanja kesehatan akan meningkat untuk belanja non-Covid-19,” jelasnya.

APBN pun akan dialokasikan untuk anggaran pendidikan sebesar Rp 612 triliun.

Selain itu, pada tahun ini Pemerintah juga akan mulai belanjakan pentahapan Pemilu yang dilakukan pada tahun 2024 sebesar Rp 21,86 triliun.

Sri juga mengatakan Pemerintah juga akan menyiapkan anggaran guna pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Jumlahnya menembus Rp 23,9 triliun. Sebanyak Rp 21 triliun di antaranya diutamakan untuk membangun infrastruktur. []

Comments