Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi penopang pertumbuhan di tengah masa sulit pandemi Covid-19 atau corona. Namun, ada beberapa hal yang menjadi tantangan bagi mereka. Lantas, bagaimana caranya agar mereka tetap bertahan di tengah gempuran informasi?
Salah satu yang perlu menjadi sorotan bagi pelaku UMKM soal perilaku pelanggan yang sangat dinamis sehingga Anda para pelaku UMKM perlu pintar-pintar mengatur strategi. Karena jika tidak diatur dengan baik maka akan bisa membuat bisnis Anda buntung.
Berikut ini adalah 6 bocoran yang wajib diketahui oleh para pelaku UMKM, yang didasarkan pada hasil analisa Gojek dalam “Kilas Balik 2020 dan Tren Usaha 2021 (2021)”.
1. Industri/Usaha Rumahan akan Jadi Tren Selama 2021
Usaha rumahan adalah usaha yang proses produksi, penjualan, dan distribusinya berlangsung di rumah. Dan ternyata usaha ini akan menjadi tren pada 2021.
Lalu bisnis apa yang paling favorit? Jawabannya bisnis kuliner. Bisnis ini jenis usaha yang paling banyak masyarakat jalani. Berdasarkan data internal Moka, motivasi menjalankan usaha rumahan selama pandemi beragam.
Di antaranya melihat adanya peluang, mencari penghasilan tambahan, mengisi waktu luang, mengaktifkan kembali bisnis, kehilangan sebagian pemasukan dan bisnis tutup akibat pandemi.
2. Pelaku UMKM Harus Mampu Mengelola Inventaris
Mengelola inventaris adalah hal terpenting bagi pengusaha rumahan, sehingga selalu ada persediaan untuk memenuhi permintaan pelanggan.
3. Menggabungkan Strategi online dan offline
Contohnya? Simak baik-baik, pertama, lakukan pembayaran non-tunai di toko offline. Kedua, memesan makanan secara daring, lalu mengambilnya di toko luring. Contoh ketiga, kembalikan barang yang Anda pesan secara daring ke toko luring.
4. Kasih Diskon Harga
Ingat, pelanggan itu suka potongan harga alias diskon. Yang paling konsumen sukai adalah potongan harga 50%, promo ongkos kirim 30%, dan diskon total belanja 17%. Tak cuma itu, 75% pelanggan dalam survei Gojek mengaku membeli produk karena nilainya.
5. Amati Tren Bisnis Kuliner
Sekadar diketahui, makanan yang paling tren pada 2020 yaitu ayam goreng dan kopi susu. Sedangkan martabak, nasi goreng, pizza, bakso, dan burger jadi makanan yang paling banyak dicari pelanggan.
Bagaimana pada 2021? Catat ini. Dessert box, menu berbahan Milo, dan rice bowl menjadi jenis kuliner yang diprediksi jadi favorit pada 2021.
6. Ketahui Produk dan Jasa yang Sedang Dicari Banyak Orang
Masker dan hand sanitizer memang banyak dicari di saat pandemi ini. Tetapi ada lagi selain itu. Misalnya, produk dan jasa yang diperkirakan laris manis di tahun ini antara lain adalah ayam, buah-buahan, kopi, dan laundry. []
Comments