Perusahaan asuransi PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) memiliki sejumlah produk yang menjadi andalan. Tentunya produk tersebut dapat menjadi pilihan bagi Anda khususnya para milenial sebagai bentuk perlindungan jika terjadi sesuatu di kemudian hari.
Sebelum sampai penjelasan produk, ada baiknya kami menjelaskan mengenai Bhinneka Life. Perusahaan asuransi swasta ini memiliki kinerja yang tergolong baik di tahun 2019 lalu, walaupun diakui bahwa mereka sempat menghadapi perlambatan ekonomi global dan domestik.
Aset Bhinneka Life pada 2019 mengalami kenaikan 16 persen sehingga menjadi Rp 1,94 triliun dari sebelumnya Rp1,68 triliun. Sementara laba komprehensif (unaudited) juga meningkat dari Rp 18 miliar ke Rp 35 miliar. Angka yang sungguh luar biasa pastinya.
baca juga: Pengertian dan Manfaat Asuransi
Capaian Bhinneka Life yang positif ini didukung para agen mereka yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Namun yang menjadi kunci bagi perusahaan ini adalah fokus menyasar target pasar milenial.
Penetrasi pangsa pasar asuransi jiwa masih rendah yaitu di sekitar 7%. Artinya, dari 270 juta orang hanya 17-18 juta orang saja yang punya asuransi. Dari 17 juta orang itu, yang punya asuransi jiwa adalah kalangan menengah atas dan juga orang kaya.
Kalangan kelas menengah yang jumlahnya lebih besar malah belum tergarap dengan baik. Hal ini karena masih banyak kalangan kelas menengah yang belum paham asuransi. Atau jika sudah paham tapi ada kesalahan, atau juga merasa asuransi terlalu mahal. Padahal diperkirakan, akan ada 50 juta kelas menengah yang pendapatannya Rp 5-10 juta.
Karena itu, Bhinneka Life menonjolkan produk unggulan yang bisa masuk ke kelas menengah.
1. Bhinneka Assurance (BA) Protection
Produk unggulan pertamanya adalah Bhinneka Assurance (BA) Protection, yang memberikan perlindungan seumur hidup.
2. Bhinneka Assurance (BA) Study
Produk unggulan kedua dari Bhinneka Life ‘bermain’ di bidang pendidikan. Mengapa pendidikan? Perusahaan tersebut menganggap pendidikan adalah hal sangat penting bagi setiap manusia untuk menghasilkan SDM unggul.
Produk tersebut adalah bentuk strategi untuk meraup pasar generasi milenial. Pendidikan tentu butuh biaya dan biaya ini harus dipersiapkan. Dan makin lama makin mahal. Kelas menengah ini umumnya belum menyiapkan biaya pendidikan anak sampai tingkat perguruan tinggi, bahkan SMA pun belum siap.
Asuransi pendidikan menjadi fokus kedua Bhinneka Life. Produk kedua ini disebut BA Study. Dana asuransi ini pun tidak mencapai jutaan per bulan, tapi hanya ratusan ribu, mirip seperti menabung Rp 150 ribu per bulan. Dan saat anak masuk sekolah, dananya sudah ada. []
Comments