Mengenal Apa itu Bitcoin?

apa itu bitcoin

Apa itu Bitcoin? Bitcoin adalah mata uang kripto atau digital (cryptocurrency) yang sifatnya terdesentralisasi yang pada mulanya dikenalkan dalam sebuah whitepaper pada 2008 yang lalu oleh seseorang atau kelompok dengan nama Satoshi Nakamoto.

Setelah itu, Bitcoin dengan kode BTC diluncurkan secara resmi pada bulan Januari tahun 2009. Bitcoin merupakan mata uang online peer-to-peer. Artinya, seluruh transaksi terjadi secara langsung antara pengguna tanpa memerlukan perantara untuk mengizinkan atau menfasilitasi mereka.

BACA JUGA:

Penciptaan Bitcoin adalah untuk memungkinkan pembayaran online dikirim langsung dari satu pihak ke pihak lain tanpa melewati lembaga keuangan atau perbankan.

Sebetulnya, sebelum Bitcoin, ada beberapa mata uang digital terdesentralisasi menggunakan konsep serupa, tetapi Bitcoin memegang perbedaan sebagai cryptocurrency pertama yang mulai digunakan secara aktual.

BACA JUGA: Holochain (HOT): Post-Blockchain di Dunia Mata Uang Kripto?

Siapa Pencipta Bitcoin?

Penemu asli Bitcoin dikenal dengan nama samaran, yaitu Satoshi Nakamoto. Kalau dari namanya, seperti berasal dari Jepang, tetapi hingga sekarang, identitas asli dari orang tersebut, atau organisasi yang berada di belakang Satoshi Nakamoto masih belum diketahui.

Pada 31 Oktober 2008, Nakamoto menerbitkan whitepaper Bitcoin, yang menjelaskan secara rinci bagaimana mata uang online peer-to-peer dapat diimplementasikan.

Mereka mengusulkan untuk menggunakan buku besar (ledger) transaksi yang terdesentralisasi yang dikemas dalam batch (disebut “blok”) dan diamankan oleh algoritma kriptografi, dan seluruh sistem tersebut nantinya akan dikenal sebagai “Blockchain”.

Pada 3 Januari 2009, Nakamoto menambang blok pertama di jaringan Bitcoin, yang dikenal sebagai blok genesis, sehingga meluncurkan cryptocurrency pertama di dunia.

Meskipun Nakamoto adalah penemu asli Bitcoin, serta penulis blok pertamanya, selama bertahun-tahun banyak orang telah berkontribusi untuk meningkatkan perangkat lunak mata uang kripto dengan menambal kerentanan dan menambahkan fitur baru koin tersebut.

Repositori kode sumber Bitcoin di GitHub mencantumkan lebih dari 750 kontributor, dengan beberapa di antaranya adalah Wladimir J. van der Laan, Marco Falke, Pieter Wuille, Gavin Andresen, Jonas Schnelli, dan lainnya.

Berikut ini adalah ringkasan singkat mengenai Bitcoin:

  • Ranking Coinmarketcap: #1
  • Total Supply: 21,000,000 BTC
  • Circulating Supply : 18,678,306 BTC (per 10 April 2021)
  • All Time Low: Rp 957,688 (5 Juli 2013)
  • All Time High: Rp 901,534,346 (13 Maret 2021)
  • Exchanges For Trading: Binance, Huobi Global, Bitfinex, FTX, Kucoin, Kraken, Bistamp, Indodax, Rekeningku, Tokocrypto, dll
  • Website: bitcoin.org

Apa Keunikan Bitcoin?

Kita lanjut ke pembahasan ‘Apa keunikan Bitcoin’? Keuntungan Bitcoin yang paling unik berasal dari fakta bahwa ada cryptocurrency pertama yang muncul di pasar.

Hal tersebut telah berhasil menciptakan komunitas global dan melahirkan industri baru dengan jutaan penggemar. Para penggemarnya menjadikan BTC sebagai alat investasi, berdagang dan menggunakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Munculnya cryptocurrency pertama telah menciptakan dasar konseptual dan teknologi yang kemudian menginspirasi pengembangan ribuan proyek yang bersaing.

Seluruh pasar cryptocurrency sekarang bernilai lebih dari $ 300 miliar, didasarkan pada ide bahwa Bitcoin adalah mata uang yang dapat dikirim dan diterima oleh siapa saja dan di mana saja. Tanpa bergantung pada perantara, seperti bank dan perusahaan jasa keuangan.

Berkat sifat perintisnya, BTC tetap berada di puncak pasar yang energik setelah lebih dari satu dekade berdiri. Bahkan setelah Bitcoin kehilangan dominasinya yang tak terbantahkan, ia tetap menjadi cryptocurrency terbesar, dengan kapitalisasi pasar yang berfluktuasi antara $100-$200 miliar pada tahun 2020.

Hingga saat ini banyak platform yang menyediakan utility untuk BTC seperti, dompet, layanan pembayaran, game online, dan lainnya.

Berapa Banyak Bitcoin yang Beredar?

Total pasokan Bitcoin dibatasi oleh perangkat lunaknya dan tidak akan pernah melebihi 21,000,000 koin. koin baru dibuat selama proses yang dikenal sebagai “penambangan”.

Saat transaksi disampaikan ke seluruh jaringan, mereka diambil oleh penambang dan dikemas ke dalam blok, yang pada gilirannya dilindungi oleh kalkulasi kriptografi yang kompleks.

Sebagai kompensasi untuk menghabiskan sumber daya komputasi mereka, penambang menerima hadiah untuk setiap blok yang berhasil mereka tambahkan ke blockchain.

Pada saat peluncuran Bitcoin, hadiahnya adalah 50 bitcoin per blok. Jumlah ini berkurang setengahnya pada setiap 210.000 blok baru yang ditambang – yang memakan waktu jaringan kira-kira empat tahun. Pada tahun 2020, hadiah blok telah dibelah dua dan terdiri dari 6,25 bitcoin.

Menambang Bitcoin bisa sangat menguntungkan bagi penambang, tergantung pada tingkat hash saat ini dan harga Bitcoin. Menambang Bitcoin paling baik dipahami sebagai berapa lama untuk menambang satu blok, dibandingkan dengan satu Bitcoin.

Bagaimana jaringan Bitcoin diamankan?

Bitcoin diamankan dengan algoritma SHA-256, yang termasuk dalam kelompok algoritma hashing SHA-2, yang juga digunakan oleh Bitcoin Cash (BCH) fork, serta beberapa mata uang kripto lainnya.

Berapa Nilai Bitcoin?

Penilaian Bitcoin saat ini terus bergerak, sepanjang hari setiap harinya. Hal ini menunjukan Bitcoin adalah sebuah aset global. Pada awal launching harga Bitcoin hanya dibawah satu sen per BTC, tetapi sekarang harga BTC telah meningkat ke angka yang fantastis. Pertanggal 11 April 2021, harga Bitcoin mencapai US$ 60 ribu.

Harga semua cryptocurrency cukup fluktuatif, yang berarti bahwa pemahaman siapa pun tentang seberapa besar Bitcoin akan berubah dari waktu ke waktu.

Di mana kita dapat membeli Bitcoin (BTC)?

Anda dapat membeli atau menjual Bitcoin atau cryptocurrency lainnya pada setiap exchanger crypto, baik itu menggunakan uang FIAT atau menggunakan cryptocurrency lainnya. Berikut adalah Exchanger Cryptocurrency utama yang bisa memperdagangkan cryptocurrency:

  • Binance
  • Coinbase Pro
  • Kraken
  • Huobi Global
  • Bitfinex

Untuk exchanger lokal sebagai berikut:

  • Indodax
  • Rekeningku
  • Tokocrypto

 

Sumber: portalkripto.com

Comments