Saatnya Berinvestasi Emas Lewat Bursa Logam Indonesia


by Umar Mukhtar

Berinvestasi emas memang sangat menggiurkan. Nilainya yang tetap stabil meski dilanda krisis ekonomi, menjadikan barang tambang ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, ketimbang barang investasi yang lain. Kalaupun terkena dampak krisis ekonomi, harga emas tidak akan anjlok secara signifikan. Tak seperti dolar manapun.

Apalagi, saat ini, berinvestasi emas tidak hanya bisa dinikmati melalui ritel-ritel, tapi juga bisa lewat bursa. Ya, inilah yang pertama di Indonesia. PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), pada 19 Februari 2014, mempersembahkan produknya yang terbaru, yaitu kontrak emas PAMP (Produits Artistiques Metaux Precieux).

Dengan menggandeng perusahaan distributor eksklusif emas PAMP di Indonesia, yakni PT Straits Bullion, BKDI yakin produk barunya itu akan sukses, dengan beberapa mekanisme penyelesaian fisik, atau physical settlement. Apalagi, selama 10 tahun belakangan, tingkat ketertarikan masyarakat terhadap emas mengalami peningkatan sampai 640 persen. Bahkan, selama 10 tahun terakhir itu, nilai emas tidak pernah anjlok. 

Direktur Utama BKDI, Megain Wijaya, menjelaskan, permintaan emas rerata 5 ton per bulan itu dikarenakan emas sudah dianggap sebagai aset yang stabil dan aman dalam urusan investasi. Ia menargetkan, penjualan emas selama 2014 ini sebesar 2 ton per bulan. 

Target ini bukan hal yang mustahil. Sebab, selisih harga jual emas antara yang di ritel dengan yang di bursa, itu amat berbeda jauh. Di tempat penjualan emas yang konvensional, selisih harga bisa mencapai Rp 10 ribu per gram. Tapi, di bursa, selisih harga cuma Rp 700 per gram.

Konsep perdagangan emas di bursa, memang diakui mampu memberikan garansi keaslian produk. Terlebih, garansi tersebut dinilai langsung dari PT Identrust Security International (ISI Clearing) sebagai lembaga kliring. Dengan begitu, transaksi akan jauh lebih aman dan terjamin. “Tidak akan ada pemalsuan karena pengawasannya ketat. Dapat diambil fisiknya dan berprospek cerah,” kata Megain.

Seperti diketahui, selama ini, bursa logam dikuasai oleh London Metal Exchange yang berbasis di London, Inggris. Harga logam di seluruh dunia, mengacu ke sana. Namun, dengan adanya bursa logam Indonesia ini, diharapkan BKDI dapat bersaing dengan bursa logam London tersebut.

Menurut Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappeti), Supriyono Edi, proses penjualan emas dalam bursa BKDI telah melalui proses pengecekan yang panjang. Meski begitu, tentu saja, yang harus diperhatikan saat ini, ialah edukasi kepada masyarakat agar memahami bahwa mekanisme jual beli emas di bursa itu berbeda dengan penjualan pada umumnya.

Produk yang ditawarkan BKDI, ada dua. Pertama, PAMPGRID untuk kontrak emas 100 gram dengan satuan rupiah. Kedua, PAMPKGUD untuk kontrak emas sebanyak 1 kilogram dengan satuan dolar Amerika. Jadi, para calon investor nanti dihadapkan pada dua pilihan investasi, yakni dolar Amerika atau rupiah.

Transaksi kontrak emas PAMP ini juga bisa dilakukan oleh seluruh anggota pialang BKDI, yang tentunya sudah memperoleh izin dari BAPPEBTI. Selain itu, untuk diketahui, emas PAMP merupakan emas yang sudah amat terkenal di seluruh dunia. Bahkan, emas buatan Swiss ini menempati urutan pertama dengan hampir 50 persen market share dunia untuk emas yang 100 gram. 

Emas PAMP telah memenuhi standar pengiriman barang yang diakui secara internasional, baik itu dari London Bullion Market Association (LBMA), Swiss National Bank, dan The Tokyo Commodity Exchange. Lagi pula, emas PAMP selalu diproduksi dengan kapasitas 550 ton per tahun. Karena itulah, suplai emas ini terkenal dengan kestabilannya.

Comments